Selasa, 22 November 2011

Artikel Sumpah Pemuda

                        SUMPAH PEMUDA

Esensi Sumpah Pemuda yang pernah menjadi  penyulut semangat para pemuda indonesia, sepertinya ka masa ini telah redup bahkan padam sama sekali. Bagaimana tidak? Pada masa pra kemerdekan, hampir semua pemuda indonesia dengan ambisi dan semangat yang berkobar ,memeperjuangkan kemerdekaan dari belenggu pemerintah kolonial.Semua mereka korbankan mulai dari waktu, harta, pikiran bahkan nyawa pun mereka persembahkan demi cita-cita bangsa indonesia. Sementara jika kita tilik keadaan saat ini, para pemuda justru memeberikan kontribusi yang sangat kontradiktif dengan perjuangan pemuda zaman dahulu.
Sekarang ini pemuda tak ubahnya seperti  budak modernitas dan globalisasi. Merupakan suatu kemajuan jika mereka bisa memanfaatkan secara positif peluang-peluang yang di tawarkan oleh perkembangan zaman. Namun pada kenyataanya,  mereka malah menelan mentah-mentah segala pengaruh asing yang kebanyakan mengikis moral.
Sebenarnya bukti perjuangan pemuda tidak harus dalam sekala yang besar.Kita semua bisa memulai dari yang kecil, seperti menumbuhkan kesadaran dalam mengilhami nilai-nilai sejarah para pendahulu.Jika dikaitkan Sumpah Pemuda, kita bisa mengambil contoh tentang hapal tidaknya mereka terhadap isi sumpah pemuda.
Berdasarkan hasil pengamatan dengan mengambil sempel mahasiswa dari berbagai program study di STAIN Pekalongan, terbuktin hanya 23% dari 30 orang mahasiswa yang hafal Sumpah pemuda. Sementara 77% yang lain hanya hafal sebagian dan tidak hafal sama sekali. Jadi hanya ada 7 orang mahasiswa yang benar-benar hafal Sumpah Pemuda.  Sunggh angka yang memprihatinkan!
Mahasiswa yang menyandang predikat sebagai kaum ntelektual dan agen perubahan ternyata tidak d imbangi dengan kesadaran histiris bangsanya sendiri .Mungkin mereka akan lebih hafal jika di tanya tentang lagu-lagu pop barat yang masih Booming dan kalangan muda.
Bagaimana mau melakukan perubahan dan pembangunan sosial jika para pemuda sendiri belum memiliki kesadaran untk memperjuangkanya sementara sampai saat ini mereka masih terlelap dalam buaian modelitas zaman.
Kenyataan yang memprhatinkan ini mungkin bisa sedikit di atasi dengan menumbuhkan kesadaran pada diri kita masing-masing akan sumbangsih kaum terdahulu ( pemuda)dalam memperjuangkan cita-cita nasional. Tidak pelu ngoyo ikut terjun di medan perang , kita bisa mengawal perjuangan dengan minimal mengtahui sejarah bangsa Indonesia,juga nilai-nilai perjuangan  para pahlawan. Namun tidak cukup sampai disitu, setelah mengetahui kita juga harus menghayati untuk kemudian mengaplikasikanya dalam kehidupan demi tercapainya perubahan bangsa yang lebih baik.[]

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review